DISKON KUNCI SUKSES PINTAR MATEMATIKA

Salah satu upaya yang dilakukan untuk bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman adalah menciptakan sikap disiplin, komitmen dan konsisten. Bersugestilah diri sendiri untuk berkomitmen, tidak melanggarnya dan konstistenlah belajar sesuai jadwal dan “dosis belajar” yang telah ditetapkan. Mulailah beraksi, jangan hanya berencana atau nanti saja. Jangan pernah berkata “ujian masih lama, nanti saja atau tunggu dulu saya belum siap”. Kata-kata ini sering kita dengar di kalangan pelajar yang masih memegang “warisan lama pendahulunya”, katanya kurang sreg bila harus belajar jauh-jauh hari padahal Ujian Nasional masih lama. Pendapat ini sepintas benar padahal sebenarnya keliru karena Ujian Nasional materinya sangat luas sehingga sangat perlu latihan soal yang berulang-ulang dan variatif. Asah otak, perbanyak latihan soal yang bervariasi. Ibarat pisau agar bisa berfungsi dengan baik tentunya harus tetap diasah agar tidak tumpul, demikianpun otak manusia butuh diasah agar tetap tajam dan cemerlang dengan cara memperbanyak latihan soal-soal secara berulang-ulang dan bervariasi agar tidak monoton pada satu jenis soal tertentu saja. Eksplorelah kemampuan utk menguji diri! “BELAJARLAH SUNGGUH-SUNGGUH!”.

Iklan

Tips Mengerjakan Soal UNBK Agar Hasil Maksimal

Apakah UNBK ini pengalaman pertama kamu? Jika ‘iya’ kamu patut WASPADA!
Menjawab soal UNBK itu butuh startegi, tidak cukup hanya penguasaan materi. Menerapkan strategi yang baik dalam menjawab soal, bisa memaksimalkan nilai UNBK kamu nantinya.
Pasalnya jika kamu belum berpengalaman dalam menjawab soal UNBK, bisa mempengaruhi nilai kamu. Sebaiknya kamu sering berlatih mengikuti simulasi UNBK agar terbiasa dalam menghadapi soal UNBK.
Selama ujian berlangsung ada durasi atau batasan waktu dalam mengerjakan soal tersebut. Nah, untuk memaksimal waktu pengerjaan soal UNBK yang kadang terasa sangat cepat, ini dibutuhkan strategi dalam menjawabnya. Agar jangan sampai kalian terlalu fokus sama satu soal saja.
Ingat!
Jika durasi waktu untuk mengerjakan soal UNBK sudah habis, maka sistem akan tertutup secara otomatis. Jika kamu lalai dalam memanajemen waktu yang baik, tentu ini akan merugikan kamu, dan berdampak pada nilai UN yang kamu dapatkan.

Contoh kasus :
Berdasarkan pengalaman pengawas UNBK
Dulu, ada siswa yang tidak terlalu memperhatikan masalah cara memanajemen waktu yang baik dan benar. Manajemen waktu yang baik adalah salah satu strategi dalam menghadapi UNBK, agar waktu yang tersedia lebih efektif dan efisien saat mengerjakan soal.
Sampai bel akhir berbunyi, ternyata masih banyak soal yang belum terjawab. Soal yang belum terjawab sampai 15 soal, kebayang gak gimana paniknya siswa yang telat kayak gini? Saking geroginya akhirnya Dia jawab asal-asalan daripada jawaban kosong.

Jangan sampai hal ini terjadi pada kalian. Belajarlah cara memanajemen waktu yang baik, karena ujian itu tidak cukup hanya mempersiapkan materi saja. Tapi, butuh strategi.
Kejadian di atas saat ujian berbasis kertas. Nah, bagaimana jika menggunakan sistem UNBK? Jika waktu sudah habis, tidak ada tambahan waktu lagi, sistem UNBK akan tertutup secara otomatis.
Agar kejadian di atas tidak terjadi pada kalian, berikut ini dibagikan tips dalam mengerjakan soal UNBK agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips dalam mengerjakan soal UNBK
1. Persiapan yang matang
Persiapan yang matang dalam menghadapi UNBK adalah hal yang paling utama. Jika persiapan kamu sudah matang maka kamu akan lebih siap dan lebih percaya diri dalam menjawab soal. Di saat siswa yang memiliki persiapan yang kurang, maka dia akan mudah terpengaruh dengan jawaban temannya. Namun, jika kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik, rasa percaya diri kamu akan meningkat bahkan tidak mudah terpengaruh dengan kunci jawaban yang belum tentu kebenarannya.
Apa saja yang harus dipersiapkan?
Hal yang perlu disiapkan itu sebenarnya tidak cukup hanya penguasaan materi saja. Tapi, yang paling utama adalah persiapan penguasaan materi UN tersebut. Selain persiapan materi yang matang, hal yang perlu diperhatikan adalah, latihan dalam menjawab soal UNBK. Yups..Latihan ini sangat perlu, apalagi kalian belum pernah mencoba ujian dengan berbasis komputer. Jangan sampai saat ujian berlangsung kamu masih bingung mau ngapain.
2. Datang tepat waktu
Datang tepat waktu adalah salah satu cara agar kamu bisa tenang dalam menjawab soal UNBK. Usahakan 15 menit sebelum ujian berlangsung kamu sudah tiba di sekolah, jangan sampai kamu datang terlambat, bisa-bisa kamu gak konsentrasi dalam menjawab soal.
Bagaimana pun persiapan kamu sudah matang, jika datang terlambat. Materi yang sudah kamu kuasai bakal buyar, karena masalah yang tadi, yaitu datang terlambat. Terlambat bisa mengakibatkan semuanya jadi amburadul. Konsentrasi dan fokus kalian bakal terganggu.
3. Ikuti prosedur UNBK
Setelah datang tepat waktu, hal yang perlu kalian perhatikan adalah, mengikuti prosedur UNBK tersebut. Misalnya gini, saat 15 menit pertama biasanya kita diberikan waktu untuk mengisi biodata. Nah, lakukanlah sesuatu sesuai prosedur jangan mentang-mentang kalian lebih dulu selesai langsung menjawab soal atau mengerjakan hal lain yang tidak disarankan oleh pengawas.
(Jangan lupa baca “Tata Tertib Peserta UNBK” ya…!!!)
Selain hal di atas, prosedur yang perlu kalian lakukan adalah mentaati peraturan saat UNBK, misalnya kalian tidak boleh membawa HP, mencontek, bekerjasama dan hal lainnya yang dilarang oleh panitia. Jangan sampai kalian melakukan hal-hal yang dilarang.
4. Bawa jam atau arloji
Kalau bawa HP dilarang, tapi kalau bawa jam kamu gak bakal dilarang deh. Apa sih gunanya kita bawa jam kak? Manfaatnya adalah kamu bisa mengatur strategi dalam menjawab soal UNBK. Emang UNBK harus pakai strategi ya? Yups..Strategi dalam menjawab soal UNBK itu penting banget, selain kita bisa memanajemen waktu yang baik, tepat, dan efisien dalam menjawab soal.
Biasanya ujian nasional itu berlangsung selama durasi 2 jam atau 120 menit. Saat satu jam berlangsung atau pertengahan waktu ujian, kamu harus menargetkan mampu menyelesaikan soal UNBK setengahnya agar berimbang antara jumlah waktu yang tersedia dengan jumlah soal yang akan kamu selsesaikan. Jangan sampai selama satu jam kamu hanya menjawab beberapa nomor soal saja, karena mungkin kamu takut untuk skip ke soal selanjutnya.
Manajemen waktu saat UNBK adalah hal terpenting yang tidak boleh diabaikan. Dan, kamu harus mengusahakan 15 menit sebelum akhir kamu sudah hampir selesai, untuk menghindari kemungkinan masih banyak soal yang belum terselesaikan.
Selain mengatur waktu saat menjawab soal, kamu jangan sampai fokus dengan target waktu dan soal yang harus dikerjakan. Jadi, jangan sampai gara-gara ngejar waktu, kamu menjawabnya dengan asal-asalan, agar target soal terjawab dengan cepat. Tentu ini hal yang keliru, meskipun kalian ngejar target soal yang terjawab, keseriusan dan konsentrasi dalam menjawab soal adalah hal yang paling utama agar mendapatkan nilai UNBK yang maksimal.
5. Dahulukan soal yang mudah
Untuk menghindari kamu agar tidak terpaku dengan satu soal saja, kamu harus mendahulukan soal yang kamu anggap gampang terlebih dahulu. Jadi, tidak mesti kamu menjawab secara berurutan dari nomor 1 hingga nomor 40. Tentu ini bukan aturan baku untuk menjawab soal secara berurutan. Nomor soal pada tes UNBK bisa dipilih sesuai keinginan, tidak mesti harus berurutan.

Selamat belajar Semoga Sukses

BERKIBAR & BERKEMBANGLAH MADRASAH

MTs EL-BAYAN EXPO 2017

Saksikan dan kunjungilah, MTs EL-BAYAN EXPO 2017, yang bakal diselenggarakan pada Hari Selasa, 14 November 2017 dimulai dari Jam 07.00 WIB – 17.00 WIB. Ada Pentas Seni, Bazaar Sembako dan Baju Murah, ada Lomba Sains juga lho buat kalian yang kelas 6 SD atau MI…. Pokoknya pasti seru dech acaranya…. Rugi banget dech kalo kalian sampe ga dateng… Kami tunggu yach… Dont Miss it.. MTs jayalah madrasahku, Go to 1000 student…Madrasah Berkibar Madrasah Berkembang…

STRATEGI PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL UJIAN PESERTA DIDIK

Ujian tinggal beberapa bulan lagi. Peserta didik kelas akhir disetiap jenjang pendidikannya sudah pasti mulai sibuk dg segala aktivitas dan persiapan belajarnya. Pendidik adalah ujung tombak penyelenggaraan pendidikan di madrasah/sekolah. Posisi ini menempatkan pendidik sebagai ujung tombak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam ujian kelak. Pendidik mata pelajaran yang di-ujian-kan diyakini betul telah memiliki cara-cara eksklusif dalam mewujudkan target hasil ujian.
Pendidik mata pelajaran tidaklah bekerja sendiri. Kepala madrasah mempunyai kebijakan tertentu untuk meningkatkan hasil ujian. Baik kebijakan manajemen mapun kebijakan teknis yang didasarkan atas strategi masing-masing pendidik mata pelajaran.
Namun diyakini pula kalau strategi dan cara yang dilakukan akan berbeda satu sama lainnya. Mengapa demikian? Setiap madrasah/sekolah memiliki karakter dan potensi yang berbeda sehingga tidak mungkin diterapkan strategi dan cara yang sama. Yang membedakan strategi dan cara meningkatkan hasil ujian antara satu madrasah dengan madrasah lainnya, antara lain ; potensi kemampuan akademis peserta didik, sarana dan prasarana belajar di madrasah, dukungan atau partisipasi orang tua terhadap madrasah, dan lain sebagainya.

Berikut strategi dan cara yang perlu diterapkan dalam meningkatkan nilai ujian (UN, USBN, UMBN, UM) peserta didik :
1. Menganalisa Potensi Peserta Didik
Perlunya memetakan kemampuan akademis setiap peserta didik. Pemetaan ini dilakukan dengan berpedoman pada perolehan nilai peserta didik pada semester sebelum ujian dilaksanakan. Dengan cara ini akan ditemukan kelompok peserta didik yang berpotensi sedang, kelompok kurang maupun tinggi. Hasil analisa kemampuan peserta didik menjadi pedoman dalam memberikan pelayanan pembelajaran berikutnya dalam menghadapi ujian.
2. Memasyarakatkan Program Madrasah
Madrasah merumuskan program sukses ujian bertolak pada hasil kemampuan peserta didik. Selain itu juga didasarkan pada potensi lain yang dimiliki oleh pihak madrasah.
Strategi dan langkah sukses ujian disosialisasikan pada orang tua atau wali peserta didik. Tujuannya agar semua orang tua / wali peserta didik mengetahui dan ikut berpartisipasi mendukung program sukses ujian yang dicanangkan madrasah.
3. Merubah Strategi Pembelajaran
Mengubah strategi pembelajaran di kelas pada tingkat terakhir, dari berorientasi pada materi pelajaran ke orientasi ujian yang akan dilaksanakan. Otomatis dalam setiap pembelajaran ini tenaga pendidik memiliki berbagai perangkat selain perangkat mengajar. Yang dimaksud disini adalah kisi-kisi untuk ujian, seperti mengerjakan soal-soal ujian atau soal-soal lain yg kompeten/berstandar nasional. Dengan demikian peserta didik lebih banyak diberi soal-soal. Baik dikerjakan di madrasah maupun sebagai pekerjaan rumah.
4. Menambah Jam Belajar
Program belajar tambahan dinilai cukup efektif selama ini dalam meraih hasil yang memuaskan. Bentuk program ini dilakukan oleh madrasah pada sore hari khususnya mata pelajaran yang masuk dalam ujian.
5. Mengadakan Ulangan Uji Coba/Try Out
Ulangan uji coba dapat dilakukan oleh pendidik mata pelajaran di madrasah ataupun dikelompok KKM dalam kabupaten maupun kota. Ulangan uji coba dapat dilakukan sekali dua minggu atau sekali sebulan. Tujuannya untuk memperoleh gambaran sejauh mana kemampuan peserta didik dalam menyerap materi mata pelajaran.
Laporkan hasil try out pada orang tua. Libatkan mereka dalam proses keberhasilan ujian.

Hasil ujian yang diraih peserta didik sangat dipengaruhi oleh bagaimana perencanaan yang dibuat. Perencanaan tersebut meliputi strategi dan cara mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi ujian. Hal ini harus mendapat dukungan dari pihak madrasah maupun orang tua / wali peserta didik serta komite madrasah.

Next >>> PERSIAPAN UJIAN SECARA KOMPREHENSIF & INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK

MTs EL-BAYAN EXPO 2017

#MTs EL-BAYAN EXPO 2017# ~RANTAI INFORMASI DAN BERBAGI DARI MADRASAH UNTUK PUBLIK~ MTs El-Bayan Expo 2017 diselenggarakan oleh Tenaga Pendidik dan Kependidikan MTs El-Bayan Majenang. Acara ini bakal meriah, menakjubkan, dan lebih dari target. MTs El-Bayan Expo 2017 diselenggarakan dengan tujuan sebagai rantai informasi publik agar para orang tua/wali dan peserta didik MI/SD yang hendak meneruskan pendidikannya bagi putera puterinya semakin tahu dan memahami yang menjadi tujuan mereka selanjutnya. Berbagai aktivitas dan kegiatan yg selenggarakan untuk publik serta peserta didik MI/SD di wilayah Kec. Majenang, Cimanggu, Wanarja, dan sekitarnya yang pastinya akan menambah meriahnya acara MTs El-Bayan Majenang Expo 2017. Selain itu acara juga dimeriahkan dengan berbagai kreativitas dan eksplore kemampuan peserta didik MTs El-Bayan Majenang dalam berolah karya bernilai seni. Ayo dukung dan meriahkan acaranya…!! MTs El-Bayan Majenang ber-EXPLORE to QUALITY. Please wait >>>> next information..!!